Jumat, 17 Januari 2014

HIDAYAH DAN MACAM MACAM NAFSU

WAHIDIYAH DAN AJARANNYA


HAL HIDAYAH

Dari sisi istilah , hidayah itu berasal dari kata AL HADAYA ( هدي   ) yang artinya petunjuk. Ini adalah sifat Allah yang mana Rosulullah SAW diberi gelar AL HADIYAL ANAM yang maknanya sebagai pemberi petunjuk dari hidayah Allah sendiri.
Setiap manusia diberi petunjuk, tanpa petunjuk , seseorang akan kehilangan arah . orang tanpa petunjuk pasti akan berputar putar tanpa arah . jika perlu pasti akan kehilangan arah.

Ada seseorang berjalan ke suatu tempat tujuan tentu dia harusnya sudah menerima hidayah. Sudah menerima petunjuk, semua petunjuk datangnya dari tuhan. Semua dari Allah SWT. Allah tidak membedakan manusia dalam memberikan petunjuk. Hanaya saja petunjuk itu ada petunjuk umum yang secara naluri diterima oleh setiap orang , Ada petunjuk yang diberikan kepada orang tertentu yang sifatnya irrasional.

Sebenarnya kalau dikatakan irrasional , sebenarnya kurang tepat , disini kami menggunakan istilah Irrasional maksudnya bagi sebagian besar orang masih diluar akal, sebab tidak semua akal mampu menjangkau, maksudnya , untuk sebagian orang sebenarnya diberi mampu menjangkau.

Hal ini ditentukan oleh kekuatan batin atau qolbu , maaf, makna kekuatan batin , sering disalah artikan oleh kebanyakan orang. Banyak yang menyangka , kekuatan batin itu adalah jenis kekuatan rohani. Sementara , bagi orang yang beriman kepada Allah , yang beriman BILLAH , aslinya manusia itu tidak memiliki kekuatan sama sekali. Manusia sebenarnya lunglai , tidak berdaya upaya, Maka dari itu , sedikit kami luruskan makna daripada kekuatan batin atau kekuatan rohani agar tidak terjadi kesalah pahaman antara Tauhid penerapan dengan ilmu tauhid.

Tauhid Penerapan , ini Murni dasarnya Billah, Dasar pokok keimanan harusnya lepas dari kesyirikan. Sedangkan Ilmu Tauhid , adalah sebuah pengetahuan yang diterima seseorang yang tentunya berasal dari penerapan tauhid yang kemudian diuraikan secara hukum kemanusiaan , atau hukum yang bisa diterapkan dan diterima oleh akal.

Jadi, Hidayah itu secara umum hanya ada dia macam,
1.     HIDAYAH THABI’I
2.    HIDAYAH LADUNY

PERTAMA ADALAH HIDAYAH THABI’I

Hidayah thabi’i ini jenis petunjuk yang diberikan oleh Allah yang secara umum diberikan kepada semua mahluk. Sebagai thabiat ciptaan tuhan Allah SWT. Kalau bahasa polulairnya disebut instink. Maka dalam hal ini , manusia , hewan dan mahluk lainnya termasuk syetan dan  tumbuh tumbuhan juga secara naluri sudah diberi hidayah. Hanya saja , sebab tumbuhan itu bukan termasuk mahluk yang bergerak dan tidak begitu mempengaruhi mahluk lain, dan bahkan sangat banyak manfaatnya, maka dalam kajian ilmu tauhid kurang begitu diperhitungkan.

Intinya secara naluri ciptaan tuhan akan menyesuaikan dan melakukan kegiatannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya berdasarkan kebiasaan umum atau Instinktive / Thabiat yang tidak  menkonsumsi alam pikiran . Ibarat tumbuhan, jika dia hidup diatas batu , tentu dia akan menerobos dengan akarnya dan jika perlu akar itu diberi kekuatan oleh yang menciptakan hingga mampu memecahkan batu menggunakan akarnya hingga sampai masuk ke dalam tanah atau ada benda lain yang bersifat seperti tanah yang mampu mensuplai kebutuhan hidup tumbuhan itu walaupun hanya sedikit . Jika tidak , maka tumbuhan itu akan mati. Inilah Naluri ketumbuh tumbuhan.
Ada Naluri kehewanan , yang secara instink , semua hewan sudah diberi HIDAYAH THABI’I , ATAU INSTINK YANG SESUAI DENGAN HEWAN ITU SENDIRI YANG SIFATNYA BERKEMBANG DAN MENINGKAT.

MANUSIA DIBERI HIDAYAH / NALURI / INSTINK YANG LEBIH SEMPURNA DARI TUMBUHAN DAN HEWAN SEBAB MANUSIA MAHLUQ SEMPURNA.

Manusia sudah diberi hidayah Thabi’i seperti tumbuh tumbuhan dan hewan dan lebih dari itu. Bahkan hidayah Thabi’i pada manusia semakin lama semakin meningkat tergantung kebiasaan dan spontanitasnya dalam merespon sesuatu dari luar diri manusia.

KEDUA ADALAH HIDAYAH LADUNY
Sebelum kita bersama sama menarik kesimpulan tentang Hidayah Laduny , kita perlu memahami dulu arti kata LADUNY.

Kata laduny , banyak sekali artinya. Banyak dalam bahasan bahasan ilmu tauhid , bahwa kata LADUNY ,  disangkut pautkan dengan sebuah ilmu allah yang diperolah tanpa harus belajar, yang maksudnya insyaallah pada umumnya dimiliki oleh para kekasih Allah , atau orang istimewa, yang sifatnya seperti Ilham dan Wahyu.

Ada yang mengartikan secara bahasa atau secara akal yang penafsirannya berdasarkan disiplin ilmu bahasa yang dikaitkan kepada agama. Jadi dalam menafsirkan agama berdasarkan akalnya menurut arti bahasa yang sebenarnya. Maka LADUNY diartikan denga LA = TIDAK , DUNY = KEDUNIAWIAN. Maka bagi yang mengartikan dengan arti KETIDAK DUNIAWIAN ,  dalam pembahasan tauhid berdasarkan akal atau ilmu akal , atau ilmu tauhid berdasarkan logika, maka sudah barang tentu terdapat dua konsep berbeda dan bersebrangan. Yang satu mengarah kepada ILMU GHAIB YANG DATANG DARI ALLAH YANG TANPA BELAJAR, DAN YANG SATUNYA MENGARAH PADA ILMU KEIMANAN LOGIKA, DAN ILMU SYARI’AT

Kami disini tidak menyalahkan kedua duanya. KEDUA DUANYA ADALAH BENAR. Hanya saja kedua duanya masih separo separo yang tampak berlawanan arah.

Di sini kami mengajak diri kami sendiri dan pembaca untuk lebih bijaksana. Lebih merujuk pada kedua duanya. Dengan memohon pemahaman yang lebih serasi bahwa manusia itu diberi JASMANI DAN ROHANI , diberi LAHIR BATIN , diberi SYARI’AT DAN HAQIQAT.
Semoga Allah wa Rosulihi SAW betul betul membukakan pintu hati kita sehingga dua hal yang bersebrangan tersebut kita gunakan bersama dan kita terima dengan baik.

LADUNY DALAM ARTI ILMU GHAIB, hendaknya dikembalikan kepada Allah. Yang Ghaib hanya Allah . Kalau sudah ada embel embel ILMU + GHAIB , maka hendaknya tidak dimiliki oleh mahluk. Dalam kancah keimanan yang betul betul iman BILLAH, maka mestinya manusia tidak memiliki ilmunya Allah . Apalagi kita sadari Allah itu maha ghaib.  Jika seseorang diberi ilmu oleh Allah itu semua sebab BILLAH. Jadi tidak ada yang memiliki ilmu kecuali Billah.

LADUNY DALAM ARTI KETIDAK DUNIAWIAN , juga begitu. Disini hendaknya diarahkan kepada makna yang lebih mendekati.  Kita harus memahami makna DUNIA, ATAU KEDUNIAAN,  ARTI DUNIA  MAKNANYA MAHLUK CIPTAAN TUHAN.
JADI ILMU LADUNI SECARA BAHASA , ADALAH SEBUAH ILMU ALLAH SENDIRI DAN TIDAK ADA SANGKUT PAUTNYA DENGAN MAHLUK / DUNIA

Jadi makna ILMU LADUNI ITU ADALAH ILMUALLOH SENDIRI YANG LEPAS DARI CAMPURTANGAN MAHLUKNYA, MAHLUK TIDAK MEMILIKI ILMU KECUALI DIKEHENDAKI OLEH ALLAH YANG MEMANG MAHA KUASA .

Bukan manusia yang memiliki ilmu tapi Allah sendiri yang maha mengetahui dan maha ghaib , disini harusnya kita terapkan bersama sama bahwa kita Dhoif atau lunglai dari segala ilmu dan yang Maha Ghaib hanya Allah sendiri. Apabila seseorang dikehendaki, tentu dengan billah . LAA HAULAA WALAA QUWWATA ILLA BILLAHIL ‘ALIYIL ‘ADZIIM. = tiada daya upaya dan kekuatan kecuali kehendak Allah semata. Jadi jika seseorang diberi ilmu oleh Allah kemudian diaku maka dia shirik. Mengaku memiliki ilmu.  Maksudnya shirik Billah.

Bidang wirid atau bidang Dzikir , itu memang diperintah Allah ,  Jadi bidang wirid dan dzikir tetap harus kita kerjakan sebab diperintah , akan tetapi penerapan hati harus Lillah dan Billah,
1.     SECARA SYARI’AT Niat dzikir sebab diperintah Allah ( LILLAH )
2.    SECARA HAQIQAT, manusia tidak mampu dan tidak bisa Dzikir kecuali diberi bisa dan diberi kekuatan untuk melaksanakan perintah Dzikir.


Semua  penerapannya sama , bidang  ilmu kita diperintah oleh allah untuk mencari ilmu dan  kitapun hasud menyadari bahwa kita tidak bisa dan tidak memiliki kekuatan apapun dalam mencari ilmu kecuali LILLAH DAN BILLAH. JADI SELAIN INI SEMUA BATAL. SEMUA JUGA SHIRIK.

Yang ahli syari’at shirik dan yang mengatakan ahli hakikat juga shirik, yang satu lumpuh tidak sampai kepada Allah dan yang satunya batal disisi allah.  Itu kalau tidak LILLAH DAN BILLAH.

Semoga Allah menghendaki kita semua diberi bisa menerapkan kedua duanya. Diberibisa menerapkan syari’at dan hakikat , diberi bisa menerapkan lahir dan batin . Aamiin

Wabillahi taufiq wal hidayah

Wassamalu’alaikum wr wb

Selasa, 07 Januari 2014

HAL MUJAHADAH DAN MACAM NAFSU

WAHIDIYAH DAN AJARANNYA

HAL MUJAHADAH

Ditilik dari sisi sabda, bahwa MUJAHADAH ITU PINTU HIDAYAH.
المجاهدة مفتح الهداية٠  لا مفتح لها سؤها  . MUJAHADAH ITU PINTU BAGI HIDAYAH, TIDAK ADA PINTU HIDAYAH SELAIN MUJAHADAH.

MUJAHADAH , adalah jihad kesungguhan hati dalam memohon petunjuk Allah. Tanpa ada kesungguhan , tanpa merasa betul betul butuh pertolongan Allah, maka hidayah tidak terbuka.  Ini merupakan fadhol Allah yang hanya diberikan kepada hambanya yang betul betul membutuhkan pertolongan Allah.
Dalam hal bersungguh sungguh memohon hidayah Allah , perlu senantiasa menerapkan ajaran Wahidiyah ( Lillah dan Billah , Lir Rosuul Bir Rosuul). Sebab dalam kita bersungguh sungguh itu sebab memang diperintah Allah SWT. Perintah Rosululloh SAW. ( Lillah – Lirrosul) . Sedangkan dalam melaksanakan perintah Allah dan Rosulnya , sangat perlu kita menerapkan dalam hati bahwa kita manusia tidak memiliki kemampuan apa apa. Tiada daya dan upaya tanpa titah Allah. Jadi bersunguh sungguh itupun kita yakini sebagai titah Allah.
Bidang Mujahadah ( jihad) Rosululloh SAW senantiasa menyeru kita untuk senantiasa Jihad seiring dengan perintah Allah :
والذين جهد فينا لنهدينّهم سبلنا . =Dan orang orang yang betul betul bersungguh sungguh ( jahadu) dijalanku, niscaya aku tunjukkan jalan kepadaku.

Orang orang yang menghendaki di jalan Allah , sangat ditekankan untuk senantiasa Jahadu / bersungguh sungguh di jalan Allah. Tanpa bersungguh sungguh , Allah tidak akan memberikan fadholnya yang berupa hidayah.
Selama masih merasa ada jalan lain selain pertolongan Allah. Maka Allah tidak akan memberikan hidayah, Hal ini mengandung makna, bahwa Allah cemburu kepada hambanya yang masih menduakan dalam memncari pertolongan. Cemburu sebab dimadu oelh hambanya. Bahkan kecemburuan Allah berakibat sangat fatal sekali. Hingga Allah mengancam orang orang yang masih menduakan Allah dengan sebutan Syirik. Kecemburuan Allah berupa murka. Berupa Ghodhob yang sangat pedih.
Jadi hidayah merupakan fadhol Allah yang agung. Fadhol yang sangat didambakan oleh setiap orang yang menghendaki di jalan Allah. Maka dalam hal ini baginda menegaskan kepada kita ummatnya bahwa:  ان يكون الفضلعلي قلوب المًكثرة ونفحةٍالهيٌ . = Fadhol Allah hanya diberikan kepada hati yang betul betul merasa hina papa dan merara betul betul butuh pertolongan Allah.

Jadi MUJAHADAH  ITU HUKUMNYA WAJIB  BAGI ORANG YANG MENGHENDAKI DI JALAN ALLAH. TANPA MUJAHADAH , KITA AKAN TERLEMPAR JAUH DARI JALAN ALLAH.

Jika kita kaji, sebenarnya masih sangat banyak sekali perintah Allah yang berkenaan dengan Mujahadah.  Oleh sebab itulah  Dalam pengamalan Sholawat Wahidiyah disebut Mujahadah Sholawat Wahidiyah.  Pengamal Sholawat Wahidiyah sangat ditekankan untuk senantiasa Mujahadah dimanapun berada. Baik saat apapun , dimanapun , bersama siapapun kita diwajibkan senantiasa berdepe depe dihadapan Allah wa Rosulihi SAW.  Terus menerus menerapkan ajaran Wahidiyah tanpa kecuali.

Lalu apa yang menjadi kontek dalam Mujahadah ? Tentu konteks utama yang senantiasa dimujahadahi terutama nafsu nafsu kita sendiri. Sebab jihad yang paling akbar, jihad yang paling besar, jihad yang paling berat adalah jihad memerangi hawa nafsu kita sendiri.
Jangan sampai kita pengamal Wahidiyah dikalahkan oleh nafsunya sendiri. Bukan dikalahkan oleh orang lain diluar dirinya sendiri. Ini yang pokok. Jika kita sudah diberi bisa mengalahkan nafsu kita sendiri , insyaallah hidayah akan senantiasa menemani kita. Hidayah akan senantiasa mendampingi kita dimanapun berada tanpa pilih pilih waktu dan tempat.
Semoga kita senantiasa diberi bisa Mujahadah sehingga Hidayah menjadi jalan kita menuju Allah dibelakang junjungan kita Rosulullah SAW wa Ghoutsi Hadzaz Zaman RA. Yang akhirnya bermanfaat bagi diri sendiri dan keluarga terutama dan jika memungkinkan juga bagi tetangga kita masing masing, lingkungan masing masing, masyarakat kita masing masing.

Masyarakat sudah lama menantikan hidayah Allah SWT. Masyarakat membutuhkan pertolongan Allah, semua mahluq membutuhkan fadhola Allah SWT.  Maka berjuang di jalan Allah menjadi kewajiban bagi yang medapatkan hidayah. Wajib bagi pengamal Sholawat Wahidiyah.


Bagi kami sebagai pengamal , jika kekurangan hidayah , tentunya kurang mujahadahnya.


APA YANG PERLU DIMUJAHADADI

Kita perlu senantisa memerangi hawa nafsu , sebab nafsu menjadi penyebab bagi kita hingga sulit menerima hidayah. Sulit menerapkan LILLAH DAN BILAH- LIRROSUL BIRROSUL. Allah sangat membeci nafsu . hingga Allah mengancam dengan murkanya yaitu
 “ ABGHODHI ILAHIN AL HAWAA “ = Sesembahan yang paling aku benci dan aku mueka adalah hawa nafsu .

Hawa nafsu merupakan sumber kebencian dan murka Allah.


MACAM MACAM NAFSU

1.     Nafsu Bahimiyah, nafsu yang menyerupai binatang. semua orang memiliki sifat kebinatangan. Hidup yang dipikirkan  cuma makan , tidur , sex. Bangun tidur langsung memikirkan pekerjaan. Dia berani banting tulang hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang enak dan menyenangkan.  Tidak mau memikirkan urusan yang tidak tampak oleh mata. Urusan rohani dianggap merepotkan.

2.    Nafsu Sabu'iyah , nafsu kebuasan. dan menjatuhkan orang lain kalau perlu dihancurkan. cirinya makan kenyang , tidur puas, sex menjadi kebutuhan pokok, dan menguasai orang lain serta menghancurkannya bila perlu. ini sangat banyak dalam diri kita, ada tetangga maju usahanya, dia tidak senang. Ada teman sukses hatinya memberontak, tidak hanya iri, tetapi sangat menginginkan orang lain hancur. , kita cari orang pinter atau dukun biar mampet usahanya. kalau perlu biar bangkrut. banyak sekali macam kebuasan ini.

3.    Nafsu Syaithoniyah, menyerupai syetan. kita semua punya nafsu ini. manusia diberi nafsu ini. cirinya, kalau ada orang beribadah , berusaha dibelok belokkan.  hingga berani berkata , buat apa repot repot. mau menghadap Allah kok repot repot. itu katanya. yang penting sholat kan sudah cukup. ada kalanya berani jauh lebih dari itu, ada yang berani mengatakan , ini aliran sesat , NU itu syirik. orang membaca sholawat yang tidak dari Rosululloh itu bid'ah dan sebagainya dan sebagainya model nafsu Syaithoniyah.  pokoknya nafsu ini hebat sekali. dia lihai mengambil dasar ayat yang cuma sepotong dan dimaknai menurut caranya.


4.    Nafsu Rububiyah, nafsu ini paling berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Ini jenis nafsu menyerupai tuhan ( membo membo ) , nafsu ini dimiliki oleh orang yang memiliki ilmu. memiliki kekuatan , kemampuan, kesaktian, Karomah Hissi / Jali.  cirinya , ada dari kita mengatakan , Eeeeh . Kalau gak saya tolong , si anu itu sudah lewat. hancur dia.   Kalau tidak saya bantu , dia tidak bisa seperti sekarang . Oooh , . Kalau tidak ketemu saya, dia itu tidah mengerti apa apa.

ini semua nafsu yang semuanya bersumber dari NAFSU ANANIYAH ATAU MENGAKU AKU HAK TUHAN. ATAU  TIDAK MENERAPKAN BILLAH DALAM ISTILAH WAHIDIYAH  .

Kamis, 02 Januari 2014

MENCARI TUHAN DIBALIK BENDA

APAKAH TUHAN ITU ?
Semua orang membutuhkan Tuhan. Tuhan dibutuhkan mahluk dalam mengarungi kehidupan. Tatkala manusia menemukan kesulitan, dia berusaha mencari cara mengatasi kesulitannya. Tatkala manusia mengalami kebuntuan, dia ke sana kemari mencari solusi dalam mengatasi kebuntuannya. Saat itu tuhan dibutuhkan setiap jiwa. Apabila orang tersebut sudah betul betul  merasa tidak mampu mengatasi masalahnya sendiri, maka dia mencari bantuan orang sekitarnya untuk membantu mengatasi kesulitannya. saat itu dia menumpahkan persoalannya dan diserahkan kepada orang tersebut agar dicarikan solusi bagi dirinya. Kondisi seperti ini, dia sangat mendambakan sekiranya ada orang lain untuk dimintai bantuan yang betul  betul mampu mengatasi persoalannya. pada saat dia menyerahkan persoalan kepada orang lain, maka saat itulah dia sedang menjadikan orang yang membantunya menjadi tuhan bagi dirinya. dia menyadari ataukah tidak, saat itu dia sudah menjadikan orang tersebut untuk menjadi tuhan bagi orang yang menyerahkan masalahnya untuk diatasi.
Bagi orang yang sudah mampu  mengatasi persoalannya sendiri, dia sudah tidak membutuhkan orang lain untuk mengatasi persoalannya.  maka dia sudah masuk kategori mampu mengatasi masalahnya sendiri. orang semacam ini sudah tidak lagi meminta bantuan orang lain untuk membantu dirinya dan tidak membutuhkan bantuan dari siapapun. Kondisi seperti ini dia menyadari betul bahwa dia sudah merasa bisa dan merasa mampu. Saat itulah  dia sudah menjadi tuhan bagi dirinya sendiri. sadar atau tidak itu adalah kenyataan.
Di sini banyak sekali tuhan. jumlah TUHAN tidak mampu dihitung. bahkan macam macam tuhan sangat berfariasi. Karena begitu banyak dan berfariasi,  sehingga tuhan jauh lebih banyak dari yang diperkirakan. tempat tertentu juga tuhan. manusia juga tuhan,  tumbuhan juga tuhan,  udara juga tuhan.  apapun bisa menjadi TUHAN ,  yang penting kita masih membutuhkan sesuatu,  maka suatu apapun menjadi tuhan bagi  orang yang membutuhkan sesuatu. hobi juga tuhan. Kesenangan semuanya juga tuhan. Waktu juga bisa dijadikan tuhan kalau mau. Kecantikan dan ketampanan bisa menjadi tuhan. 
Jadi pada dasarnya manusia selalu bersama tuhan. bersama dengan apa yang menjadi ketergantungan. Bersama dengan kecintaannya. kesukaannya. hobynya dan lain sebagainya.
TUHAN dan semuanya yang bervariasi dan sangat banyak jumlahnya, itu semua tidak kekal. bahkan sangat sementara. pada saat dibutuhkan, maka saat itu menjadi tuhan. saat tidak dibutuhkan, maka kita tinggalkan dan kita abaikan terkadang kita sia siakan dan kita hina saat tuhan itu sudah tidak menyenangkan. Begitu juga Tuhan dalam bentuk sifat kebaikan, kecantikan dan ketampanan. ketika masih dianggap baik, maka akan kita sanjung dan kita pertahankan. ketika masih tampak cantik atau tampan, maka akan kita sanjung dan kita puja. Akan tetapi saat kebaikan,kecantikan, ketampanan yang kita puja sudah hilang, maka seketika akan kita abaikan. akan kita tinggalkan dan tidak lagi kita jadikan tuhan lagi
Contohnya.
Saat aku mencintai pacarku, maka saat itu pacarku menjadi tuhanku. 
jika pacarku sudah tidak menyenangkan lagi, maka aku anggap biasa dan kalau perlu aku  abaikan. jika sudah tidak cantik  seperti yang aku rasakan maka kecantikan atau ketampanan yang aku  puja, segera aku  abaikan dan kalau perlu, aku  campakkan dan aku hina. 
Tidak jarang yang dulunya pernah kita jadikan tuhan, suatu saat juga kita umpat , kita bentak akibat sudah tidak menyenangkan bagi kesenangan kita.
Yang terjadi pada diri seseorang juga seperti tersebut. , Ada seseorang dianggap tuhan oleh sebagian orang . bahkan yang lebih hebat lagi, ada yang merasa dirinya menjadi tuhan, dia merasa bisa mengerjakan sesuatu, merasa mampu mencari sesuatu untuk urusan hidup. merasa bisa berjalan. merasa memiliki kekuatan . Banyak orang justru menjadi tuhan dan dijadikan tuhan. Orang alim menjadi tuhan .  orang 'Alim dijadikan tuhan atau ilmunya yang dipertuhankan oleh dirinya sendiri dan mengajak orang untuk menuruti dan mempertuhankan ilmunya.  Jika perlu mengajak dan menyuruh orang lain untuk mengikuti dirinya, serta menuruti dan menyembah dirinya. Juga banyak orang mengajak orang lain menyembah orang 'Alim. Menyembah orang ampuh. menyembah orang sakti dan lain sebagainya.
Semua tuhan yang berupa mahluk, baik berupa sifat, tempat dan lain sebagainya, akan musnah dan tiada guna, sebab mahluk tidak memiliki kekuatan apapun.
TUHAN HANYA SATU DAN SATU SATUNYA YANG BERHAK DITUHANKAN
Bagi kita yang menyembah Tuhan, Sebelum kita mengatakan bahwa kita sudah menyembah hanya kepada tuhan yang maha satu/esa/tunggal , kita perlu memahami Tuhan dan kedudukan tuhan. 
Tanpa memahami Tuhan dan kedudukan tuhan,  besar sekali  kemungkinan kita melakukan kesalahan. Salah dalam pepahaman.  Salah dalam menyembah. salah dalam penerapan.  Akhirnya semua menjadi salah dan tidak benar akibat kurang dan tidak memahami TUHAN DAN KEDUDUKAN TUHAN.  



Memahami tuhan, tidak bisa diperoleh dengan membaca. meneliti, mempelajari tentang tuhan,  Memahami TUHAN. tidak bisa diperoleh dengan mengkaji kitab, baik kitab suci, maupun kitab tafsir apapun. akan tetapi kitab kitab suci, kitab tafsir, atau terjemahan kitab dan literature apapun, hanya sebatas pendekatan, sebatas acuan, sebatas pijakan, sebatas pedoman. Yang mana kitab suci merupakan pedoman pokok yang kita butuhkan dalam perjalanan bertemu TUHAN. 
Setelah bertemu tuhan, semua pedoman, semua alat, semua pijakan kita lepaskan dan kita tinggalkan dan kita gunakan kembali sebagai rambu rambu bagi kendaraan dalam melaksanakan perintah TUHAN.
Seseorang yang sudah berhasil bertemu tuhan akan membawa berbagai macam khikmah, berbagai macam bukti dan perintah bagi dirinya dan orang lain yang harus dikerjakan.
SEMUA PERINTAH TUHAN DIBAWA OLEH SEORANG HAMBA TUHAN MELALUI JALAN YANG SAMA. PEMBAWA RISALAH KETUHANAN HADIR DARI ZAMAN KE ZAMAN . PEMBAWA ATURAN TUHAN TIDAK AKAN MERUBAH ATURAN SEBELUMNYA KECUALI HANYA MENINGKATKAN KUALITAS DALAM BENTUK UBUDIYAH BAGI DIRINYA DAN BAGI ORANG LAIN YANG MENGIKUTINYA.

Gambaran suatu agama , agama apapun , memberikan gamabaran tentang tuhan sebatas apa tingkat kesaksian si pembawa perintah tuhan . 
Pertanyaan apakat tuhan itu , akan kita sadari setelah kita bertemu tuhan . sebelum kita bertemu tuhan , maka kita tidak pernah mengetahui itu tuhan . Dalam hal ini , setiap orang akan memiliki persepsi masing masing dan jawaban yang berbeda beda akan tuhan . Banyak pendahulu pendahulu membawa kabar tentang tuhan sesuai batas puncak perjalanannya dalam mencari dan menemukan tuhan . Sehingga makna tuhan bertambah meningkat dan meningkat. Ada yang sempurna, dan ada yang lebih sempurna hingga yang paling sempurna.
Dalam hal ini setiap pencari tuhan , menyadari betul akan ketidak sempurnaan. semakin dia cari , semakin merasa dan merasa bertambah tidak sempurna dan betul betul makin tidak sempurna akan penglihatannya akan tuhan . Ada yang mencari tuhan menggunakan akal pikirannya, ada yang menggunakan hati danperasaannya, Ada yang menggunakan Kitab suci, ada yang belajar melalui seorang guru, Semua itu hanya sarana. Semua sarana, tidak akan bisa membantu, Sebab tidak ada seorangpun bisa bertemu tuhan selama menggunakan mahluq sebagai dasar pijakan . Semua Kitab suci , juga mahluq. 

Kata kata bijak yang agak sulit diterima orang umum, yaitu, Janganlah engkau batasi pandanganmu sebatas benda, sebab tuhan itu bukan benda. Janganlah engkau kebiri pandangan dan pendapatmu sebatas kata kata atau huruf atau simbul , sebab tuhan itu bukan kata kata , bukan kalimat , bukan lafal , bukan simbul . Saat engkau melihat benda , maka lihatlah yang menciptakan benda. niscaya engkau menyaksikan tuhanmu.

Di dalam benda , terdapat sifat benda .
Pada setiap sifat darisegala sesuatu tentu ada yang mensifati, sebab sifat itu mewakili sesuatu yang betul betul merupakan esensi . sebuah esensi yang menjadikan sebab adanya sifat yang memberi rupa dan bentuk benda itu sendiri. 

Jika kita simpulkan , maka pada dasarnya , semua benda yang kita lihat di alam yang memenuhi jagat raya ini tidak ada. jika tampak ada , sebab hadirnya sebuah esensi yang menjadi  segala sifat dan semua sifat sifat itulah memberu rupa dan bentuk.

Semoga diberi hidayah.

Sabtu, 28 Desember 2013

KALIMAT BISMILLAH ITU DAHSYAT

 MELAFALKAN KALIMAT BISMILLAH
HENDAKNYA MENYAKSIKAN ALLOH DAN ROSULNYA.

Assalamu’alaikum wr wb
Bismillahir rohmaanir rohiim.

Sebelum mengkaji bismillah , mari dengan khusu’ tawadhu’ dihadapan Allah dan rosulnya.
Tentang syukur dan semuanya termasuk salam ta’dziman ikroman wa mahabbatan kita ke pangkuan Rosulillah SAW , kami makmum beliau para tabi’iin dst………terutama ke pangkuan beliau Ghoutsu Hadzaz Zaman RA. Semoga kita senantiasa diberi hidayah.

Kami bukan penulis, bukan ahli kitab , jadi sudah barang tentu terdapat kekurangan dalam menyampaikan risalah yang maha dahsyat ini.  Namun akibat kohharnya Alloh , akibat sabda rosulillah SAW , kami dipaksa menyampaikan walau satu ayat atau walaupun satu huruf. Ketakutan kami akan ancaman beliau yang mana beliau mengancam “ Laisa minna man lam yahtamma bi amril muslimin “ Bukan golonganku , orang yang tidak memperhatikan kaum muslimin “  sementara kami berada diantara kaum muslimin .

Bagi yang sudah diberi hidayah dan diberi pemahaman , tentunya kami mohon dukungan dan do’a restunya. Sehingga kajian ini bukan sekedar cerita tentang ilmu tauhid tetapi menjadikan sebab bagi kita diberi bisa bertauhid yang menjadi sebuah penerapan dari keimanan itu sendiri dalam mengarungi kehidupan yang fana’ ini, sehingga kita semua kembali kepada asalnya dalam keadaan selamat .

Kalimat BISMILLAH – Kata orang yang sudah mengkaji bahasa, ( bukan ahli kitab ) , kalimat bismilaah diartikan dengan menyebut asma Allah.
BI         = DENGAN = SEBAB AKIBAT  =  DIAKIBATKAN
ISMU = SEBUTAN = NAMA = UCAPAN = PANGGILAN = DA’A = DO’A = PERMOHONAN KEPADA.
ALLAH = DZAT ALLAH = AHAD  DAN  SIFAT ALLAH = WAHID .

Jadi dalam kata Alloh terdapat dua obyek yang sebenarnya adalah subyek . yaitu DZAT ALLAH dan SIFAT ALLAH.
Jadi Dzat Allah itu  Maha ada dan  sifat Allah juga ADA/ WUJUD sebab Dzat Allah yang membuat ada menjadi sifat Allah.
Jadi Allah menciptakan sifat Allah sendiri menggunakan Dzatnya sendiri yang maha menciptakan .
Jadi Ciptaan Alloh yang paling permulaan adalah sifat Allah yang masih berwujud NUR .
Jadi NURULLAH  itu awal dari semua yang paling awal dari segala ciptaan yang manifestasinya menjadi sifat sifat Allah yang sangat tak terhitung jumlahnya .
Jadi ada  sifat Allah yang terkenal 20 sifat wajib. Juga terkenal dalam asmaul husna. Dan lain sebagainya yang tidak mampu kita sebutkan satu persatu itu Merupakan  sifat alloh yang diutus Alloh atau Rosululloh.

Dari kajian bahasa , bahwa merah kuning hijau  dan semua juga sifat dari pada dzat warna  yang sebenarnya adalah Dzat Allah yang memenuhi sifat Allah dalam warna
Jadi alam jagat raya  dan seisinya , ini disebut ada sebab akibat manifestasi sifat Allah yang diutus ( ROSUL ) ke seluruh permukaan jagat raya ini.

Termasuk Rasa susah , senang , sedih , kaya miskin , dan sebagainya , itu sifat allah yang diutus hingga hadir kedalam mahluqnya . jadi asma sifat Alloh sebanyak jumlah mahluq yang diciptakan Allah. Manusia tidak mamapu menghitung.

Jadi Rosulullah hadir dalam setiap mahluk. Langit dan bumi , alam dan seisinya , maka sudah tentu terdapat Rosulullah diseluru alam ini yang menjadi sifat Allah.

MAKA DALAM KALIMAT BISMILLAH TERDAPAT / WUJUD / TAMPAK /  ALLOH DAN ROSULNYA

JADI KITA AKAN DIBERI BISA MENERAPKAN BISMILLAH SETELAH KITA MENYADARI TENTANG DUA KALIMAT

ASYHADU ANLLAA ILAHA ILLALLAH 
WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR ROSUULULLOH.

Mari kita memohon taufiq hidayah Allah , semoga setiap kali kita mengucapkan BISMILLAH , spontan kita menyaksikan Alloh dan Rosulnya . sebab tanpa hidayah , walaupun sudah hafal bismillah , walaupun sudah faham arti dan makna Bismillah , belum tentu menyaksikan Allah dan Rosulnya.

Al Faatihah …….

YAA SYAFI'AL-KHOLQISH-SHOLAATU WASSALAAM " ‘ALAIKA NUUROL KHOLQI HAADIYAL ANAAM,
WA ASHLAHUU WA RUUHAHU ADRIKNII " FAQODH DHOLAMTU ABADAW-WAROBBINII,
WA LAISA LII YAA SAYYIDII SIWAAKA " FA-IN TARUDDA KUNTU SYAKHSON HAALIKAA

YAA SAYYIDII YAA ROSUULALLOH…………………

Al faatihah

Wabillahi taufiq wal hidayah.
Wasaalamu’alaikum wr wb

Rabu, 25 Desember 2013

LEGENDA DALAM TAUHID.


JERITAN BUAH MANGGA

Assalamu'alaikum wr wb
bismillahir rohmaanir rohiim

Alhamdulillahil ladzii huwal ahad, alwaahidus shomadu yahdii lir rosyaad.
bikhoiri kholqika syafii'il umami, wal aalii barik hadzihil mujahadah
barokatan ,ikhiithotan wamus'idah

Yaa ayyuhal ghoutsus salamulloh , 'alaika robbinii bi idznillah
wandzul ilaiyya sayyidii binadhroh, muushilati lilhadhrotil 'aliyyah.

Yaa robbanallohumma sholli sallimi, 'alaa Muhammadin syafii'il umami
Wal alii waj'alil anama musri'iin, bilwahidiyyati lirobbil 'aalamiin
Yaa robbanaghfir yassir iftah wahdinaa, qorrib wa allif bainana yaa robbana

Amma ba'du

Ini bukan kisah melainkan inti bagi kita yang senantiasa mengupayakan diri dalam menemukan jalan hidup dan mengenal diri.

Semoga kita mendapatkan hidayah.

kita saksikan buah mangga yang bergelantungan diatas pohon mengalami proses yang sangat panjang. kita saksikan pohon menjulang tinggi, kokoh dan bisa dipanjat. Tahukah kita? Apakah pohon itu ? bagian mana kita sebut pohon? Yang disebut pohon itu gabungan dari batang kayu, ranting dan daun. batang kayu tidak bisa disebut pohon.  Ranting juga bukan pohon.  daun juga bukan pohon.  pernahkah kita memikirkan itu semua?

POHON MANGGA SEBENARNYA TIDAK ADA
 POHON YANG KELIHATAN ADA SEBENARNYA BUKAN POHON TETAPI SEBUAH RANTING YANG MUNCUL DARI GEJOLAK SANG POHON YANG SESUNGGUHNYA TIDAK BERBENTUK TETAPI MENJADI INTI YANG MERUPAKAN SIFAT  KEBERADAAN POHON YANG TIDAK ADA MENJADI ADA DAN BERBUAT UNTUK  POHON DALAM RANGKA MEWAKILI POHON ITU SENDIRI AGAR BISA MEMAMERKAN BENTUKNYA UNTUK DIKENALI JATI DIRINYA .

INTI POHON YANG TAK BERBENTUK ITU AKAN MEJELMA MENJADI POHON MANGGA YANG MENJADI ASAL MUASAL ADANYA POHON  MANGGA YANG BERSIMBIOSIS KEPADA JATI DIRINYA. 

POHON INI MENYIMPAN CALON  POHON DAN MANGGA YANG TAK TERHITUNG JUMLAHNYA , HANYA POHON INI YANG BISA MENGHITUNG.
  
PROSES SEBUAH MANGGA.

Pada mulannya dan betul betul tidak diketahui awal mulanya pohon Mangga ini ada dan  adanya tidak berbentuk lalu bergejolak dalam membentuk rancangan dirinya. Dia mengawali dirinya sendirian. sebab awalnya memang belum pernah ada buah mangga. Yang ada hanya rancangan model Pohon mangga yang sangat bangga dengan dirinya nan  kokoh dan perkasa tetapi keperkasaannya tetap belum dikenal walaupun rangangan itu sudah tertata menyerupai sebuah bayangan gambar pohon itu sendiri tetapi  tak seorangpun tahu kecuali dia dan rancangannya sendiri yang mengetahui akan berbentuk seperti apa pohon mangga ini.  Entah berapa lama dia hidup. 

Setelah pohon ini tahu akan kemampuannya dan betul betul merasa cukup kuat dan mampu mengembang dan mampu menguasai dirinya,dia berkata kepada dirinya. kini sudah saatnya aku berbentuk seperti gambar rancangan diriku . Maka dari itu pohon yang tidak berbentuk itu meresap kedalam gambar atau bayangan pohon mangga inipun juga belum bisa diketahui sebab pohon itu masih baru meresap kedalam gambar ( uswah ) pohon saja tetapi sudah memgembang , mengerang , membengkakkan diri akibat erangan dasyat dari dalam diri gambar pohon yang memenuhi seluruh gambar pohon mangga hingga betul betul berbentuk sama dengan gambar pohon itu sendiri.  Pohon mangga yang selalu membayangi gambar dirinya membuat dirinya berbunga bunga semerbak memenuhi pucuk pucuk dirinya dengan segala cara , mengerang , menjerit , meronta, membahak, menghentak, membengkak dan berbagai macam cara dan gejolak yang juga tidak mampu dilukiskan . Sehingga diri pohon ini merasa senang dan bangga akan ranting dirinya dan hasil jerih payahnya dalam bergejolak menghasilkan bunga yang akan dia kembangkan walaupun baru sebatas dirinya dan gambar pohon dirinya yang saling bayang membayangi dan yang pada dasarnya dirinya sendiri yang menyerupakan bentuk pohon mangga dalam gambar.

Kali ini sudah enam tahap dia merubah dirinya hingga gambar pohon yang sudah seperti bayanyan dirinya memiliki bunga bunga yang tak terhitung jumlahnya pun juga ikut mengerang dan bergejolak hingga berpeluh . dari peluh inipun akhirnya mengeras dengan berlapis lapis yang menjadi batas dari fase fase atau tahap proses erangan dan gejolak hingga memenuhi gambar pohon dan memadati seluruh gambar hingga betul betul padat .
Bunga bunga yang semerbak mewangi memenuhi ruang hingga penuh memenuhi semua pucuk pucuk bunga.  Berikutnya dia  Merubah bentuknya menjadi calon calon buah mangga yang siap memamerkan dirinya berupa buah mangga yang lentik lentik  mempesona.

Semua sudah masuk dalam rencana sang pohon tentang kapan dan berapa lama dan berapa jumlah bunga bunga yang akan menjadi buah. dan jauh lebih dari pada itu sang pohon juga masih  menyimpak jutaan calon bunga dan calon buah untuk dimunculkan kepermukaan saat sang pohon menghendaki dengan cara mengerang , bergejolak bergeliat, menjerit, memkik dan sebagainya . 
Jadi setiap erangan dahsyat yang penuh dengan gejolak itu menghasilkan peluh dan memadatkan diri menjadi berbagai bentuk .
Apabila peluh itu memenuhi cakar , akan disebut dengan akar pohon mangga .
Apabila peluh itu memenuhi ranting akan disebut batang pohon mangga
Apabila peluh itu memenuhi bunga maka akan disebut bunga mangga yang akan mengerang lagi dan lagi tanpa henti dalam rangka membentuk dirinya berupa calon buah mangga yang dengan proses erangan dan jeritan akan menjadi model buah mangga yang tiap fase juga memiliki nama nama yang mana bahasa mudahnya mulai dari akar hingga batang dan buah akan diberi istilah nama nama sebutan untuk mempermudah menyebut nama / asma dari panggilan / sebutan  pohon mangga

JABATAN POHON

Ranting pohon ini bukan pohon. Ranting pohon adalah gejolak sang pohon yang tidak berbentuk. Asal usul pohon yang tidak diketahui ini awalnya hanya sebatas ranting kecil dan berkembang membesar lalu  membentuk ranting ranting yang senantiasa ditemani daun daun yang berkembang pula mengikuti jalannya sang ranting. Entah sudah berapa daun daun yang layu dan berguguran akibat erangan dan hentakan sang pohon . Setiap ranting pohon memamerkan kemampuannya berupa bunga bunga yang akan dimanifestasikan menjadi buah. Setiap calon buah juga sudah siap menhgadapi hentakan dan erangan bunga untuk menyerupakan diri menjadi buah yang senantiasa tersaluri sari sari pohon itu sendiri . ini sudah menjadi sebuah transaksi langsung dengan pohon bahwa sang buah akan selalu menambatkan diri kepada ranting dirinya.  

Semua Berjanji bahwa calon buah adalah berasal dari pohon yang menyerupakan diri menjadi bunga dan pada waktunya bunga bunga ini menyerupakan diri menjadi buah dari bunga yang pada dasarnya merupakan buah dari pohon itu sendiri sebagai ranting dan buahnya yang tidak mau berpisah dengan  dirinya. Sebab buah ini bukan apa apa.  Dia menyadari bahwa diri buah tidak akan berkembang sendiri tanpa ada sambungan langsung melalui rantingnya.

Maka transaksi besar besaran dibuat. dengan sungguh sungguh antara sang pohon yang tak terbentuk dengan sang calon pohon /ranting buah berikut calon buah ikut dalam transaksi itu demi membentuk bayangan sang pohon.

perjanjian dan transaksi besar ini sangat penting bagi sang buah sebab sang calon buah menyadari betul akan kebutuhan dan ketergantungannya kepada pohon. Sang calon buah juga menyadari betul akan ketergantungan kepada sang ranting dirinya. sang buah mengakui betul akan kedudukan dirinya yang sesungguhnya merupakan ranting itu sendiri yang menyerupakan diri menjadi satu bagian kecil yang mana semua kebutuhannya akan selalu dan selalu dicukupi dan dibopong oleh ranting itu sendiri asalkan tidak terlepas dengan sang ranting dirinya. 

Sementara waktu ranting ranting yang meregang dan mencuat senantiasa menyeringai menjadi daun daun. Tak jarang daun daun yang menyeringai ini melampaui batas dan terkejut hingga mengerang kesakitan dan layu yang akhirnya berguguran memisahkan diri dengan sang pohon. Inipun mengakibatkan sang pohon bertambah keras menghentakkan diri dan terus menyeringai dan menyeringai bersamaan dengan erangan dan tangisan tanpa henti sambil bergeliat dan bergeliat membubung . Semakin bergeliat maka semakin gagah dan perkasa hingga erangan dan tangisan itu juga bagian dari penopang keperkasaannya.

Maka sejak awal sudah dibuat perjanjian dengan dua macam transaksi pokok dan sangat krusial sebab ini menyangkut diri sang buah yang tidak akan mampu melanjutkan suatu buahpun tanpa kemauan pohon serta tidak akan mampu melangsungkan suatu pembentukan pengembangan bentukl apapun termasuk perkembangan dirinya tanpa dibopong oleh sang ranting dirinya.
Perjanjian krusial yang sangat penting dan pokok bagi keberlangsungan sang buah sendiri dan bukan buat sang pohon. tetapi sang pohon harus menandai tangani perjanjian ini yang mana sewaktu waktu. sang buah lalai akan perjanjiannya sendiri kepada sang Pohon .  jadi sebenarnya sang pohon tidak membutuhkan perjanjian apapun kepada sang buah sebab sang pohon itu tahu dan percaya penuh kepada ranting buah. 

Jadi bayangan pohon sangat menentukan akan perkembangan dirinya sebab inti sari pohon sudang memenuhi bayangan dirinya . Maka pada dasarnya bayangan pohon ini mau berkembang atau tidak mau mengerang atau tidak , mau menghentakkan diri atau tidak , mau menggeliatkan diri atau tidak , mau menjerit atau tidak, mau menangis atau tidak, mau membahak atau tidak, mau menyeringai atau tidak,   Semuanya sudah ditentukan oleh bayangan pohon/ranting itu sendiri sebab ranting ini sebenarnya merupakan gejolak sang pohon itu sendiri yang akibat gejolak sang pohon maka mencuatkan bunga bunga bermekaran.

Agar. mudah diingat dan dipahami maka kita membuat istilah lebih dulu.  yaitu,
1.     POHON TAK BERBENTUK DISEBUT POHON AZAL
2.    POHON AZAL  YANG BERGEJOLAK MENJADI POHON GAMBAR / SAMAR
3.    POHON SAMAR YANG BERPELUH  DISEBUT POHON AF’AL


TRANSAKSI DAHSYAT ANTARA POHON AZAL DAN POHON SAMAR 

Awal mula perjanjian ini dibuat akibat gejolak sang pohon sendiri BERPERANG DAN BERGEJOLAK menghadapi dirinya yang MENGEMBANG DAN MEMBENGKAK atau dengan kata lain MERAGANG MENUJU KEMATANGAN DIRI DAN TAK TERELAKKAN .  Akibat dari gejolak diri yang tak terelakkan maka pohon azal yang tak berbentuk dan ghaib ini MENGEMBANG > MEMBENGKAK > MERAGANG > MEMENUHI RUANG KOSONG HINGGA PENUH DAN MATANG HINGGA TIDAK ADA TEMPAT YANG KOSONG DARI DIRINYA

Jadi sebenarnya tanpa gejolak sang pohon tentunya tidak ada pergolakan untuk mematangkan diri. Hingga dengan kematangannya maka Pucuk demi pucuk dari sang pohon bergejolak dengan dasyatnya dan meregang membentuk ranting ranting yang bergejolak pula. Dari hasil gejolak sang ranting maka mencuat bunga bunga semerbak nan indah dan harum yang keharuman sangat khas menyelubungi seluruh isi ranting itu sendiri dan tidak ada satu ruangpun yang kosong

Sebelum terjadi transaksi besar tentu ada mufakat terlebih dahulu. Oleh sebab itu sejak permulaan POHON DZAT  berkata kepada POHON SAMAR . # Wahai pohon samar. Engkau ini adalah SIFATKU . engkau ini DIRIKU yang bergejolak dan memenuhi DIRIMU. maka kepadamulah aku tumpahkan dan kepadamulah aku serahkan MANIFESTASI SEGALA BENTUK DAN RUPA . ENGKAU ADALAH MANIFESTASI BENTUK PERWUJUDAN DIRIKU.SEBAB DENGAN DIRIMU AKU AKAN MEMAMERKAN DIRIKU. sebab dengan kamu akan bermanifestasi segala bentuk yang sangat indah. maka engkau perwujudanku bahkan bentukku yang berupa dirimu ini tidak pernah terkenal jika aku tidak menyerupakan dirimu seutuhnya. Walaupun engkau masih berbentuk bayangan  diriku wahai pohonku .

SIFAT POHON BERJANJI KEPADA DZAT POHON @ 
AKU BETUL BETUL TAHU BAHWA AKU MERUPAKAN BENTUK DARI DIDIMU YANG TAK BERBENTUK 

Kelak  pada waktumu aku selalu bekerja  untukmu , dengan segala cara , aku akan mengerang , menjerit , meronta , membahak, menghentak,  membengkak, menyeringai dengan berbagai macam cara dan gejolak sehingga pekerjaanmu betul betul selesai sebab akulah pelaku dari dirimu. Walaupun pekerjaanmu selesai bahkan hancur dan lapuk , aku tidak akan lapuk kecuali engkau meninggalkan aku , dan akupun tahu engkau tidak akan meninggalkan diriku dalam melaksanakan  tanggung jawabku. Dari hasil pekerjaanku untukmu secara langsung aku salurkan  kepadamu hingga akupun sebenarnya tidak berbuat apa apa tanpa dirimu. Tidak ada satu perkerjaanku yang tidak tersalurkan kepadamu . 

Tetapi jika engkau memanggilku kelak , aku akan selalu membopong pekerjaanku semua  dan aku akan meninggalkan sebagian dari  pekerjaanku  yang engkau tinggalkan  . semua terserah padamu

AF’AL POHON JUGA DIPAKSA BERJANJI KEPADA SIFAT POHON . 
AKU BETUL BETUL TAHU BAHWA AKU MERUPAKAN BENTUK DARI DIRIMU BERBAGAI MACAM BAYANGAN BAYANGANMU YANG TERSEKAT SEKAT DAN BERKUKU BUKU MEMENUHI  DIRIMU DALAM BENTUK PADAT SESUAI GAMBAR DIRIMU 

Kelak pada waktumu aku selalu bekerja untukmu , dengan segala cara , aku akan mengerang , menjerit , meronta , membahak, menghentak,  membengkak, menyeringai dengan berbagai macam cara dan gejolak sehingga pekerjaanmu betul betul selesai sebab akulah pelaku dari dirimu. Walaupun pekerjaanmu selesai bahkan hancur dan lapuk , aku tidak akan lapuk kecuali engkau meninggalkan aku , dan akupun tahu engkau tidak akan meninggalkan diriku dalam melaksanakan  tanggung jawabku. Dari hasil pekerjaanku untukmu secara langsung aku salurkan  kepadamu hingga akupun sebenarnya tidak berbuat apa apa tanpa dirimu. Tidak ada satu perkerjaanku yang tidak tersalurkan kepadamu . Tetapi jika engkau memanggilku kelak , aku akan selalu membopong pekerjaanku semua  dan aku akan meninggalkan sebagian dari  pekerjaanku  yang engkau tinggalkan .

KALAU BEGITU MAKA BERJANJILAH ENGKAU KEPADA DZAT KU DAN KEPADA SIFAT KU WAHAI PERBUATAN DAN AFALIYAHKU !

OK ! … OK !...OK  !.... JANGAN KUATIR . JANJIKU AKAN AKU PENUHI .  AKU INI AF’ALIYAHMU. OK ! … OK !...OK  !.... JANGAN KUATIR

MAKA TANDATANGANILAH SEKARANG JUGA . AYO KITA BERSAMA SAMA. DAN BERSEPAKAT……………

1.     AKU BERJANJI BAHWA TIDAK ADA RESAPAN SARI POHON LAIN YANG BERBENTUK  DAN MERESAPI DIRIKU KECUALI ENGKAU WAHAI DZAT POHONKU ( perjanjian tauhid)
2.    DAN AKU JUGA BERJANJI BAHWA TIDAK ADA PELUH YANG MEMBENTUK DAN MERESAPI DIRIKU SERTA KENTAL DAN MENGERAS KECUALI  PERBUATAN DIRIMU WAHAI POHON SAMARKU ( perjanjian risalah )


Sekarang juga kabar perjanjian ini kita simpan dalam gerobokku ( lauhul mahfudz ) sewaktu waktu sebagian darimu ingin mengenali  kembali sifat pohonku yang sudah diresapi oleh Dzat pohonku . Sebab ketika engkau mengerang dan menghentak dan menggeliat bersamaku, engkau membentuk sekat dan jurang pemisah yang menimbulkan pembatas antara aku dengan engkau. Engkau sering lupa aku dan tidak mengetahui dirimu. Saat engkau lupa akan dirimu carilah aku yang tidak pernah jauh denganmu sebab sekat pemisah itu juga sekat pemisahku akibat kepadatanmu. Maka jangan lupa tanyakan jalan menuju aku itu bisa engkau tanyakan melalui sifatku. Tetapi jika engkau tersesat , engkau akan terlepas denganku walaupun aku tetap bersamamu.

SIFATKU CUMA SATU ( NUR MUHAMMAD). TETAPI DENGAN SIFATKU , ENGKAU AKAN BERBENTUK BERBAGAI MACAM RUPA YANG AKAN MEMENUHI JAGAT DAN ALAMKU.  MAKA SEJAK SAAT INI ENGKAU MEMENUHI ALAM PERBUATANKU SEBAB ENGKAU ADALAH AF’ALIYAHKU

OK ! … OK !...OK  !.... JANGAN KUATIR ! 


OK LAH KALAU BEGITU ! OK LAH KALAU BEGITU !

INILAH SIFAT DARI DZATKU TAPI INGAT YAA . INI ADALAH SIFATKU DAN ENGKAU TIDAK AKAN BISA MELIHAT DZATKU DAN KALAU MAU MERASAKAN DZATKU JANGAN TERLEPAS SAMA SEKALI DENGAN SIFATKU , MENYATULAH DENGAN SIFATKU MAKA ENGKAU AKAN MELIHATKU DAN BERSAMAKU.  SEBAB HANYA AKU YANG MENGETAHUI DZATKU

DAN ALLOH  YANG MAHA MENGETAHUI DARI APA APA YANG TIDAK ENGKAU KETAHUI
والله يعل ما لى تعلمون


( TANPA HIDAYAH , PASTI  SYIRIQ . PASTI  DAN INI SUDAH PASTI )

YAA SAYYIDII YAA ROSULALLOH. ENGKAU JIWA MAHLUQ. 
JANGAN HINDARI AKU AKIBAT KETELEDORANKU

Was salamu'alaikum wr wb.